Cinta Meluluhkan Trauma Masa Lalu

Kisah dalam novel ini bisa dibilang unik. Hal itu tergambar dari cerita dan karakter tokohtokoh di dalamnya. Kim Jun Su dan Hong Jeung Eun yang menjadi tokoh utama dalam novel ini memulai keunikan tersebut.

Dengan mengambil latar Korea, novel setebal 286 halaman ini mengisahkan Kim Jun Su, pemimpin redaksi sebuah majalah wanita, yang sering konflik dengan salah satu wartawannya, Hong Jeung Eun. Setiap kali Hong Jeung Eun melakukan kesalahan, meski kadang tidak terlalu fatal, Kim Jung Su selalu ingin memarahi dan melampiaskan segala kegelisahan hati padanya.

Karena terlalu sering dimarahi, akhirnya Hong Jeung Eun mengambil keputusan untuk keluar dari media tersebut dan menerbitkan majalah sendiri. Kim Jun Su gelisah. Dia tidak bisa menerima Hong Jeun Eun keluar. Kim Jun Su kehilangan wartawan. Karena jauh, Kim Jung Su baru sadar bahwa dia jatuh cinta pada bekas wartawannya yang sering dimarahi.

Kim Jun Su syok karena tidak siap jatuh cinta. Di saat para lelaki ingin jatuh cinta, Kim Jun Su justru takut jatuh cinta. Ia benci pada setiap wanita karena pernah ditolak perempuan hanya karena dia miskin. Sejak itu, Kim Jun Su membenci para wanita, termasuk Hong Jeun Eun yang tidak salah apa-apa (halaman 64).

Maka, ketika getaran cinta muncul di hatinya terhadap diri Hong Jeung Eun, Kim Jun Su berusaha semaksimal mungkin menghilangkan bayangbayang Hong Jeung Eun dari pikirannya. Setiap kali terbayang Hong Jeung Eun, ditepis dan abaikan. Namun, semakin ditepis, rasa itu malah bertambah tumbuh subur dan menjadi hantu yang selalu mengikuti gerak-gerik arah pikiran Kim Jun Su.

Bahkan dia cemburu ketika suatu hari melihat Hong Jeung Eun berduaan dengan seorang laki-laki, padahal pria itu hanyalah mitra kerja (halaman 242). Di sisi lain, rasa cinta juga menghinggapi Hong Jeung Eun. Dia sampai-sampai cemburu ketika melihat Kim Jun Su berduaan dengan seorang perempuan di pangkuannya, padahal itu adalah adik kandungnya, Kim Joo Hyun. Adiknya berusaha menyadarkan Kim untuk tidak terlarut pada masa lalu yang suram (halaman 80).

Tidak kuat mengingkari nuraninya, akhirnya Kim Jun Su melupakan masa lalu dan menyatakan cinta pada Hong Jeung Eun. Namun, tekadnya kembali diuji karena ternyata, Hong Jeun Eun adalah anak seorang pengusaha terkenal di Korea, Hong Jeon Su. Ini mengingatkan kembali masa lalu saat Kim ditolak perempuan karena miskin. Namun, dengan dukungan adiknya, Kim akhirnya berhasil menemukan cinta sejatinya pada diri Hong Jeun Eun.

Titik kelemahan dalam novel ini adalah setting dan ceritanya yang datar serta biasa. Ditambah lagi latar Korea kurang tampak di dalamnya, padahal seperti nama tokoh dan percakapan-percakapannya, semestinya murni dengan latar Korea.

Namun, di balik kelemahan itu, ada beberapa hikmah yang bisa diambil. Manusia jangan tenggelam pada masa lalu karena melemahkan semangat hidup. Jangan pernah melawan nurani. Perlawanan pada suara hati akan membuat seseorang tersiksa.

Dunia bisa berubah 180 derajat seperti Kim Jun Su yang awalnya sangat membenci dan selalu memarahi Hong Jeung Eun, akhirnya justru jatuh cinta. Bisa juga orang yang awalnya sangat dicintai, lewat perkembangan zaman, cintanya bisa pudar.

Data Buku
Judul : Shock!
Penulis : Kim Yoora
Penerbit : Laksana, Yogyakarta
Cetakan : I, Agustus 2012
Tebal : 286 halaman
ISBN : 978-602-7696-06-8
Harga : Rp35.000
*Resensi ini telah dimuat di Koran Jakarta (17 Oktober 2012)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Made with by Odd Themes

© 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.